Skip to main content

Jakarta Monorail Expo 2013

Selamat Pagi semuanyaaa...Salam KA

 Pagi ini, saya akan berbagi informasi tentang Monorail Jakarta, sebuah moda transportasi yang selalu didambakan oleh warga Jakarta. Wah, penasaran gak nih seperti apa wujud Monorail Jakarta? Nah, untuk menjawab rasa penasaranmu, kita simak dulu ya informasi-informasi yang berkenan dengan Monorail Jakarta. 

 Oke, jadi belum lama ya, tanggal 22 Juni-14 Juli diadakan sebuah acara "Jakarta Monorail Expo" alias pameran monorail. Acara tersebut dimulai tepat dimana Jakarta ulang tahun ke 486. Nah, jadi tujuan dari acara tersebut tidak hanya untuk menyampaikan informasi tentang Monorail di Jakarta. Tetapi, juga memberi kesempatan kepada pengunjung untuk melihat maket "Model Monorail" sesungguhnya yang sudah susah payah dibuat, serta memberi peluang kepada pengunjung untuk menaiki "Monorail" dengan G-R-A-T-I-S. Sebelumnya, kan udah pernah ada expo MRT,  tepatnya di Mall PRJ (Pekan Raya Jakarta). Tapi, MRT yang ditunjukkan di expo tersebut bukanlah MRT yang sesungguhnya. Dan sampai sekarang, pembangunan MRT belum terwujud hingga sekarang. Tapi kalau Monorail, itu maketnya itu monorail yang asli loh. Kalau nggak percaya, saya tunjukkin deh nanti fotonya.

  • Tujuan dari Monorail Jakarta?
 Jakarta merupakan salah satu kota termacet di dunia. Menurut saya, Jakarta sudah termasuk dalam daftar 10 kota termacet di dunia. Jumlah mobil dan motor di Jakarta sangatlah banyak, namun tidak diiringi oleh perkembangan transportasi massal seperti Bus dan Kereta Api. Bahkan, jumlah mobil dan motor di Jakarta  sudah melampaui jumlah penduduk Jakarta. Pada akhirnya, persoalan sepele tersebutlah yang menjadi biang kerok yang membuat Jakarta selalu dijajah oleh kemacetan. 

 Untuk mengurangi kemacetan Jakarta, orang-orang Jakarta berusaha untuk mengembangkan sistem "transportasi umum" yang efektif waktu dan efisien tenaga. Sebelumnya, gubernur Fauzibowo sudah meresmikan armada "busway gandeng" di koridor 1-8. Namun, busway ternyata tidaklah cukup. Dibutuhkan sistem angkutan rel yang cepat, aman, dan efisien waktu karena bebas dari belenggu kemacetan. Busway saja hanya sanggup mengangkut 350.000 orang/hari. Sedang, KRL Commuter Line dapat mengangkut 500.000 penumpang/hari. Jika kita tambahkan dengan Monorail, bukankah itu lebih efisien?

 Lalu, mengapa Jakarta memilih Monorail? Monorail adalah transportasi yang sangat handal. Monorail dapat mengangkut penumpang dengan jumlah yang cukup banyak. Anggarannya jauh lebih murah daripada MRT. Dana yang diperlukan untuk Monorail itu sekitar 5 triliyun rupiah. Monorail dapat menjadi unsur untuk mendukung Jakarta membasmi dari kemacetan. 
  • Konsorsium Jakarta Monorail: 
 Konsorsium Jakarta Monorail maksudnya adalah hasil kerjasama proyek monorail dari sejumlah perusahaan. Program Jakarta Monorail digelar atas hasil kerjasama dari berbagai perusahaan. Perusahaan yang paling terlibat dalam proyek ini tentunya adalah PT Jakarta Monorail. Proyek ini mulai dijalan pada tahun 2003. Mereka bekerja sama demi menggapai tujuan bersama. Berikut ini adalah program yang terlibat dalam proyek: 

- PT Jakarta Monorail
- PT Jasa Marga
- PT LEN (Persero)
- PT Adhi Karya
- PT Angkasa Pura
- PT Pelindo III
- Ortus Holding
- Duta Singapura, Cina, dan Thailand
- BTS Bangkok Mass Transit System Public Compaany Ltd
- CCCC( China Communication Construction Company) Ltd
- PT Indosat Tbk
- Singapore Technologies Electronics Ltd,
- Changchun Railway China

  • Model Monorail Jakarta?

 Saat saya mengunjungi Jakarta Monorail Expo pada tanggal 23 Juni 2013, saya melihat berbagai "Model Monorail" terpapar jelas. Bentuknya sangat jelas dan nyata. Rasanya tak percaya kalau itu ternyata bentuk monorail yang sangat konkrit, yang memang betul-betul Monorail. Begitu melihatnya, saya langsung tergebu dan tak ada habis-habisnya memburu foto-foto Monorail. 

 Percaya nggak percaya, ini adalah foto Monorail asli. Kita liat yuk, foto-fotonya:

1. Chang Chun Monorail:

 Hmm, monorail apa nih? Kalau kita tinjau dari namanya, sudah ketahuan banget kalau itu Monorail buatan Cina. Yupps, emang betul itu Monorail buatan Cina. Cina mempunyai beraneka-ragam industri perkeretaapian. Salah satunya adalah Chang Chun. Chang Chun adalah salah satu industri KA China yang berdiri pada tahun 1954. Perusahaan ini telah sukses dalam membuat produk yang bergelut perkeretaapian baik itu Monorail ataupun Kereta Listrik. 

 Monorail yang pertama dibuat oleh Chang Chun adalah "Monorail Tipe 25", yang rencananya akan dioperasikan di Jakarta. Monorail tersebut sudah dipajang di Jakarta Monorail Expo, dengan 4 gerbong. Di China, monorail ini sudah resmi dioperasikan di Kota Chong Qing. Monorail Chang Chun sudah dibeli oleh Jakarta seharga Rp. 2,1 Trilliun dengan dukungan investasi sebesar Rp. 7 Trilyun. Sebelumnya, Monorail Chang Chun telah sukses diuji selama 5 tahun. Teknologi beserta keselamatannya semua sudah teruji. Keandalan sinyal dan peralatan sudah sesuai persyaratan. Harganya pun juga terjangkau, itu sebab mengapa mereka memilih Monorail China.

 Mudah-mudahan Monorail ini bisa segera beroperasi di Jakarta. Direncanakan Monorail ini beroperasi pada tahun 2016. Dengan beroperasinya Monorail ini, mudah-mudahan sistem angkutan umum di Jakarta menjadi lebih efisien. Diperkirakan Monorail ini dapat mengangkut sekitar 500.000 penumpang. Namun, saya yakin bisa lebih dari itu jika orang Jakarta mempunyai keinginan untuk berpartisipasi dalam mendukung perkembangan transportasi umum. Di Chong Qing, China, monorail ini sukses mengangkut 1.1 juta penumpang per hari, dengan total jaringan rel sepanjang 143 km. 

 Oke, sudah paham belum? Kalau belum silakan tanya di komen ya? Nah, sekarang gua tunjukkin dulu ya foto-fotonya:

                                           

Taken from Mbah Google. Yang merasa punya foto, saya pinjem dulu ya. Nah, ini bukti konkritnya kalau Metro TV sudah menyiarkan tentang berita kedatangan sosok Monorail dari Negeri China. Buktinya di Bagian Belakang Monorail terpapar tulisan huruf Mandarin beserta logo CNR (Changchun Railway). 


2. Monorail Penumpang PT INKA:

 PT INKA? Udah pernah denger belum. Mungkin anda belum mengetahuinya. Jadi PT INKA itu adalah singkatan dari "Industri Kereta Api' yang berbasis di Madiun, Jawa Timur. Beberapa waktu belakangan ini, PT INKA berhasil menggapai kemajuan yang cukup pesat. Diantaranya adalah kesuksesan membuat gerbong, lokomotif, kereta listrik, hingga Monorail.

 Tenyata tak kusangka kalau anak bangsa Indonesia juga sukses membuat "Produk dalam Negeri" yang kualitasnya tidak kalah tanding dengan mancanegara lainnya. Produk tersebut dibuat dengan gigih dan teliti, bukan dengan cara asal-asalan. Ternyata anak bangsa itu hebat-hebat ya, semangatnya top markotop. Baru 68 tahun merdeka saja, sudah berhasil membuat Monorail. 

Produk ini dibuat dari hasil kerjasama berbagai perusahaan. Yang paling berperan tentu saja PT INKA karena PT INKA-lah yang membuat armada monorailnya. Mesinnya diimpor dari luar negeri, sedangkan bodi itu 100 persen karya PT INKA. Selain PT INKA, ada 2 perusahaan lainnya yang ikut berpartisipasi yaitu PT Adhi Karya yang membuat rel-nya, dan PT LEN (Persero) yang membuat sinyalnya. 

Berikut ini adalah foto Monorail PT INKA..........
                                                                                                                                                                                                               
                          

Monorail di atas ini direncanakan beroperasi di rute Bekasi Timur-Cawang. Bentuknya tampak dan aerodinamis. Sedangkan bentuk monorail di gambar bawah lebih slim, dengan muka yang datar. Monorail di gambar bawah ini rencananya akan beroperasi dari Kota Jakarta menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta yang menghubungkan semua terminalnya. 



Spesifikasi Monorail PT INKA: 


3. Monorail Kargo PT INKA:

 Monorail Kargo? Wah, apa-apaan nih ya kok ada-ada aja Monorail Kargo? Mana-mana buatan PT INKA lagi. Kreasi PT INKA memang luar biasa. Produknya sangatlah inovatif. Jujur ya, saya belum pernah dengar istilah Monorail Kargo. Tapi saya terkejut saja bahwa tiba-tiba saya dengar ada "Monorail Kargo" hasil karya PT INKA, karya anak bangsa Indonesia. 

 Monorail Kargo ini berbentuk Peti Kemas alias Kontainer. Sistem pengangkutan barang itu juga penting loh. Rencananya, Monorail ini akan dioperasikan di Surabaya. Sama dengan Jakarta, Surabaya juga merupakan Kota Ekonomi. Kota Surabaya letaknya di dekat pelabuhan. Rencananya Monorail ini akan beroperasi di Rute Tanjung Perak-Teluk Lamong. Monorail tersebut dinamakan "Automated Container Transporter (ACT)". Dengan adanya ACT, kegiatan transportasi barang dapat berjalan dengan lancar karena bebas macet dan pengangkutannya lebih banyak ketimbang dengan truk. Kira-kira, sekitar 180 box per gerbong dapat diangkut oleh ACT. Dengan adanya ACT, mudah-mudahan polusi juga dapat diminimalisir karena ACT digerakkan oleh motor listrik yang ramah lingkungan dan tidak bising. 

 Monorail ini direncanakan beroperasi sekitar 2014 atau 2016. Mudah-mudahan proyek itu dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala, sehingga cepat terwujud. 



Gambar diatas ini adalah gambar gerbong monorail kontener beserta rodanya. Berbeda dengan Kereta Api, roda karet itu lebih efisien daripada roda besi karena mengurangi kebisingan, serta membuat perjalanan menjadi lebih mulus. Saat ini, sudah ada beberapa kereta api dengan heavy rail yang sudah menggunakan roda karet. 

Gerbong Monorail tersebut adalah karya PT INKA. Kereta itu akan dioperasikan di kawasan Surabaya. Produk yang super kreatif dan inovatif itu diklaim sebagai "Monorail Kargo" pertama yang ada di dunia. 
  • Peta Jalur Monorail:
Nah, ini dia peta jalur Monorail. Rencananya jalur Monorail ini juga akan dibangun sampai Bekasi dan Bandara Soekarno Hatta. Namun baru ada dua jalur yang sudah "fix". 

Keterangan:

  1. Jalur Biru menggambarkan rute Monorail dari Kampung Melayu-Taman Anggrek
  2. Jalur Hijau menggambarkan rute Plaza Senayang-Stadion Madya, jalurnya muter-muter 
  3. Jalur Kram menggambarkan jalur Busway Trans Jakarta
  4. Jalur Silver menggambarkan jalur KRL Commuter Line
  5. Lingkaran bewarna Hitam yang terpapar di jalur hijau dan biru mengindikasikan Stasiun Inter Change. Di Stasiun itulah kita dapat berganti monorail
  • Manfaat Monorail:
- Biayanya jauh lebih murah daripada MRT
- Menghemat 500.000 liter BBM per hari
- Menghemat BBM sekitar Rp. 1,5 trilyun
- Tidak menganggu lalu lintas jalan raya karena berjalan di permukaan layang
- Bebas macet, dan membebaskan macet
- Dapat diintegrasikan dengan Busway, KRL, dan MRT sehingga pengangkutan transportasi umum menjadi lebih efektif dan efisien
- Hemat tempat
- Keselamatan sangat terjamin karena kecepatannya stabil, dan resiko tabrakan kecil
- Memberi kontribusi dan sumbangsih yang banyak terhadap sistem perekonomian negara



Monorail Jakarta menyumbang kontribusi positif terhadap lingkungan. 
  • Apakah anda Setuju dengan Monorail? 
 Sejak diadakannya Jakarta Monorail Expo, saya 100 persen setuju untuk dibangun Monorail untuk Jakarta. Sekarang adalah saatnya Jakarta untuk bangkit dari kuburan gelap menuju dunia yang terang berbinar. Monorail Jakarta dapat menjadi solusi handal untuk mengatasi kemacetan Jakarta. Transportasi monorail itu efektif karena dapat mengurangi kemacetan, serta ramah lingkungan. Menurut saya tidak ada cara lain untuk mengatasi kemacetan selain mengembangkan sistem transportasi umum, khususnya angkutan yang berbasis rel. Pembuatan Monorail adalah kesempatan untuk merubah warna kota Jakarta dari kegelapan menjadi terang. Diharapkan proyek Monorail dapat tuntas ASAP dan menjadi tulang punggung Kota Jakarta.

 Itu pendapatku. Bagaimana dengan anda? Apakah anda setuju dengan pembangunan monorail Jakarta? 
  • Daftar Pustaka: 

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Besar Kereta Api

    Kereta api merupakan salah satu transportasi umum yang sangat digemari banyak orang. Bahkan di negara maju, transportasi andalannya adalah kereta api. Kereta api adalah angkutan umum yang sangat bermanfaat karena efektif dan efisien, terutama dalam meminimalkan kemacetan di jalan raya. Lalu, apa sih yang membuat kereta api begitu diminati dan dinikmati oleh banyak orang, mari kita simak: 1. Bebas dan Membebaskan dari Macet:  Kereta api berjalan di rel dan tentunya bebas dari macet. Jalan raya sangat mungkin terkena macet, apalagi kalau lalu lintas sedang padat-padatnya. Akan tetapi, kereta api sangat cepat dan bebas macet. Bukan hanya bebas dari macet, kereta api juga membebaskan jalan raya dari macet. Kalau masyarakat mulai banyak yang beralih kereta api, jumlah kendaraan bermotor bisa berkurang secara signifikan sehingga beban jalan raya berkurang. 2. Hemat Waktu, Hemat Uang, Hemat Spasi:   Karena kereta api itu bebas macet, tentu saja perjalanan dengan kereta api bi

Lokomotif CC 206

Salam KA semuanya...  Saya Naufal, penggila kereta yang luar biasa. Mungkin ada beberapa dari kalian ada yang belum tahu kalau saya penggila kereta. Kalau kamu ingin tau seputar informasi dan pengetahuan tentang kereta, kamu bisa tanya kepada saya. Sekarang, saya ingin berbagi sekilas info berbau KA.  Artikel ini bertopik khusus lokomotif. Perkeretaapian Indonesia sangaat terkenal dengan jumlah lokomotif yang sangat beraneka ragam.Mulai dari Mbah Loko Uap pada era jajahan Belanda hingga lahirnya lokomotif diesel. Lokomotif Diesel mulai beroperasi di Indonesia untuk memensiunkan loko uap dari tahun 1953. Loko tersebut adalah loko CC 200.   Hingga kini, loko diesel kerap dikembangkan oleh perusahaan kereta api Indonesia. Dan tahukah, beberapa waktu belakangan ini, telah hadir tamu baru yaitu "Lokomotif CC 206". Mengapa dibeli loko baru?  Seiring berjalannya waktu, kebutuhan perkeretaapian Indonesia terus meningkat. Lokomotif digunakan u

Sekolah Victory Plus

Tentang Sekolahku    Sekolahku bernama Sekolah Victory Plus (SVP). Sekolah ini ada di Kemang Pratama. Dibangun pada tahun 1998. Kurikulum yang dipakai sekolah ini adalah kurikulum IB (International Baccalaureate). Sekolah ini adalah sekolah internasional, berbahasa Inggris. Sekarang, Sekolah Victory Plus sudah lebih besar dan luas, dan makin berkembang dan terkenal daripada dulu. Di bawah ini, ada 2 gambar logo yaitu logo Sekolah Victory Plus (atas) dan logo IB (bawah): SVP Pledge (Janji SVP)  I Pledge to be a champion  Treating Ourselves, Each Other, and the environmental with respect I will be:  Courageous Honest  Active Moral  Positive Innovative Optimistic And Noble Program di Sekolah Victory Plus (berdasarkan tingkatan kelas)   Setiap tingkatan kelas di Sekolah Victory Plus mempunyai program masing-masing. Program tersebut hanya digunakan untuk sekolah yang menggunakan kurikulum IB. Untuk SD, programnya adalah PYP (Primary Years P