Skip to main content

Kereta Api Eksekutif Indonesia

  Alhamdulillah, artikel tentang kereta api bisnis dan ekonomi sudah diulas. Sekarang, gue mau nulis tentang kereta api eksekutif. Wahh, inilah yang ditunggu-tunggu, kereta api yang paling keren, dilengkapi dengan fasilitas mewah nan mahal. 

  Sekarang, enak loh, semua jenis kereta, dari ekonomi, bisnis sampai eksekutif itu udah make AC. Tapi yang satu ini, kelas eksekutif itu primadonanya sejak dulu kala, udah ber-AC dari dulu.

Image result for Kereta api Eksekutif Indonesia



 Kereta Api Eksekutif tentu saja lebih unggul dibanding dengan kelas-kelas kereta lainnya. Eksteriornya jelas lebih cantik, dan interiornya lebih nyaman. Yang paling menonjol adalah kursinya. Kursi dari kereta api eksekutif lebih empuk, bahkan ada bantal. Pramugari kereta api eksekutif juga menawarkan selimut untuk penumpang selama dalam perjalanan. Kursi-kursinya juga bisa diputar dan disandarkan. Bahkan sandaran kaki dan meja juga disediakan. Berbeda dengan kereta bisnis, kursi di kereta bisnis memang miring dan bisa diputar tapi sayangnya tidak bisa disandarkan. Kalau di kereta api ekonomi, kursinya sudah tegak lurus, berhadap-hadapan pula. Sebenarnya, sekarang sudah ada kereta api ekonomi model baru yang kursinya tidak lagi tegak lurus. Tapi tetap kursi kereta api eksekutif lebih bagus.

Perjalanan di kereta api eksekutif juga lebih nyaman dan tenang. Penumpangnya lebih sedikit. Dan yang jelas, waktu tempuhnya lebih cepat ketimbang yang kereta lain. Kereta ekonomi dan bisnis masih berhenti di stasiun kecil untuk mengalah dengan kereta api eksekutif. Sedangkan, kereta api eksekutif hanya berhenti di stasiun-stasiun besar. Banyak sekali kelebihannya. 

Kereta api eksekutif mempunyai beberapa jenis seperti eksekutif argo, eksekutif satwa, dan eksekutif campuran. Eksekutif Argo adalah kereta api eksekutif yang namanya diawali dengan kata Argo seperti Argo Lawu, Argo Bromo Anggrek, Argo Dwipangga, Argo Muria, dll. Sedangkan eksekutif satwa namanya berasal dari tokoh, kerajaan atau budaya semisal Gajayana, Sembrani, Turangga, Bangunkarta, Taksaka. Sedangkan eksekutif campuran itu kereta api eksekutif yang rangkaiannya dicampur dengan kereta kelas bisnis atau ekonomi seperti Lodaya, Malabar, Argo Parahyangan, dll. 

Biaya kereta eksekutif lebih mahal dari kereta ekonomi dan bisnis, bahkan kadangkala bisa lebih mahal dari pesawat terbang. Rata-rata penumpangnya adalah orang yang berkantong tebal. Tapi jangan khawatir, sekarang semua kereta api dari semua kelas fasilitasnya sudah sangat nyaman, jauh lebih nyaman dari dulu. Sudah menggunakan AC, tidak ada lagi pedagang asongan, pengamen, dilengkapi polisi. Sudah bebeda jauh dengan zaman jahiliyyah dulu. Insya Allah kalian betah naik kereta api sekarang.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Besar Kereta Api

    Kereta api merupakan salah satu transportasi umum yang sangat digemari banyak orang. Bahkan di negara maju, transportasi andalannya adalah kereta api. Kereta api adalah angkutan umum yang sangat bermanfaat karena efektif dan efisien, terutama dalam meminimalkan kemacetan di jalan raya. Lalu, apa sih yang membuat kereta api begitu diminati dan dinikmati oleh banyak orang, mari kita simak: 1. Bebas dan Membebaskan dari Macet:  Kereta api berjalan di rel dan tentunya bebas dari macet. Jalan raya sangat mungkin terkena macet, apalagi kalau lalu lintas sedang padat-padatnya. Akan tetapi, kereta api sangat cepat dan bebas macet. Bukan hanya bebas dari macet, kereta api juga membebaskan jalan raya dari macet. Kalau masyarakat mulai banyak yang beralih kereta api, jumlah kendaraan bermotor bisa berkurang secara signifikan sehingga beban jalan raya berkurang. 2. Hemat Waktu, Hemat Uang, Hemat Spasi:   Karena kereta api itu bebas macet, tentu saja perjalanan dengan kereta api bi

Lokomotif CC 206

Salam KA semuanya...  Saya Naufal, penggila kereta yang luar biasa. Mungkin ada beberapa dari kalian ada yang belum tahu kalau saya penggila kereta. Kalau kamu ingin tau seputar informasi dan pengetahuan tentang kereta, kamu bisa tanya kepada saya. Sekarang, saya ingin berbagi sekilas info berbau KA.  Artikel ini bertopik khusus lokomotif. Perkeretaapian Indonesia sangaat terkenal dengan jumlah lokomotif yang sangat beraneka ragam.Mulai dari Mbah Loko Uap pada era jajahan Belanda hingga lahirnya lokomotif diesel. Lokomotif Diesel mulai beroperasi di Indonesia untuk memensiunkan loko uap dari tahun 1953. Loko tersebut adalah loko CC 200.   Hingga kini, loko diesel kerap dikembangkan oleh perusahaan kereta api Indonesia. Dan tahukah, beberapa waktu belakangan ini, telah hadir tamu baru yaitu "Lokomotif CC 206". Mengapa dibeli loko baru?  Seiring berjalannya waktu, kebutuhan perkeretaapian Indonesia terus meningkat. Lokomotif digunakan u

Sekolah Victory Plus

Tentang Sekolahku    Sekolahku bernama Sekolah Victory Plus (SVP). Sekolah ini ada di Kemang Pratama. Dibangun pada tahun 1998. Kurikulum yang dipakai sekolah ini adalah kurikulum IB (International Baccalaureate). Sekolah ini adalah sekolah internasional, berbahasa Inggris. Sekarang, Sekolah Victory Plus sudah lebih besar dan luas, dan makin berkembang dan terkenal daripada dulu. Di bawah ini, ada 2 gambar logo yaitu logo Sekolah Victory Plus (atas) dan logo IB (bawah): SVP Pledge (Janji SVP)  I Pledge to be a champion  Treating Ourselves, Each Other, and the environmental with respect I will be:  Courageous Honest  Active Moral  Positive Innovative Optimistic And Noble Program di Sekolah Victory Plus (berdasarkan tingkatan kelas)   Setiap tingkatan kelas di Sekolah Victory Plus mempunyai program masing-masing. Program tersebut hanya digunakan untuk sekolah yang menggunakan kurikulum IB. Untuk SD, programnya adalah PYP (Primary Years P