Skip to main content

Presentasi itu Ada Seninya Loh.


Seiring majunya perkembangan zaman, skill presentasi semakin dibutuhkan. Tidak hanya dalam dunia kerja saja, dalam dunia pendidikan bahkan sejak bangku sekolah, presentasi sudah menjadi tugas. Kita tidak hanya berkutat pada nilai akademik, tapi presentasi pun tidak kalah penting. Meskipun di dunia kerja, nilai akademik masih dibutuhkan dan ditanya, tapi kemampuan presentasi itu lebih penting dan lebih terpakai. Suka atau tidak, kita tetap akan menggunakannya karena banyak sekali manfaatnya.

Sebagai mahasiswa komunikasi, tugas presentasi sudah menjadi makanan sehari-hari setiap minggu di kelas. Bagi sebagian orang, presentasi merupakan hal yang menakutkan. Terkadang menyakitkan terutama kalau kita mendapat kritikan yang sangat tajam dari guru/dosen didepan banyak murid, dan ketika penonton-penonton tidak mendengarkan presentasi kita.

Mungkin, kita harus lebih memperhatikan apa hal-hal sederhana yang berdampak pada presentasi kita. Saya akan coba membantu, dan semoga bermanfaat.


1. Berbicaralah dengan Energi:


 Mungkin penyebab orang enggan memperhatikan presentasi kita itu karena cara kita berbicara terlalu datar sehingga pendengar jadi bosan. Kalau pendengar merasa bosan, mereka jadinya sibuk dengan urusan sendiri, entah itu bermain handphone, mengobrol, dll. Yang membuat beda, yang membuat presentasi anda didengar itu ketika anda berbicara dengan antusias, penuh energi.

2. Carilah Pelatih:



  Ketika mau ada tugas public speaking entah itu disekolah, di tempat kerja, apalagi kalau itu tugas akhir, lebih lagi kalau diacara besar. Mungkin ada rasa gugup dan takut, kalau nanti presentasinya tidak berjalan sesuai harapan. Makanya, carilah pelatih. Bisa dari training, tempat les karena di tempat itulah pengajarnya sudah terkualifikasi dan mengusai bidang presentasi. Tapi kalau kita tidak sanggup, entah karena tidak cukup biaya dan tidak ada waktu karena sibuk, carilah orang terdekat. Saya yakin, dari 7 miliar orang yang tinggal di muka bumi ini, banyak orang bahkan di sekitar kita yang sudah berpengalaman dengan presentasi atau public speaking.

   Mereka bisa orangtua kita, guru kita, teman kita, sahabat kita, saudara kita, banyak lagi. Banyak orang yang siap membantu kita, tinggal apakah kita mau dibantu mereka. Kalau kita mau dibantu, komitmen kita sendiri itu yang terpenting.

3. Nada Bicara itu PENTING.....

Related image

  Materi atau konten yang akan kita bawa itu penting banget, tapi yang tidak kalah penting itu nada bicara kita. Bahkan nada bicara itu lebih berpengaruh dari isi pembicaraan. Meskipun materi kita bagus, kalau nada bicara kita tidak pas, itu tidak akan menarik bagi penonton. 

  Nada bicara yang sesuai itu pastikan bahwa suara kita bisa didengar semua hadirin, baik dalam ruangan atau tempat terbuka. Suaranya jangan terlalu kencang, jangan terlalu lembut. 

4. Kalian Harus BERTANYA....

Related image


 Akan bosan bagi penonton mendengarkan presentasi 1 jam bahkan 2 jam yang cuma duduk saja. Mereka perlu dilibatkan, cara yang paling sederhana itu dengan bertanya kepada mereka. Bisa diawal, ditengah-tengah, diakhir...Misalnya "kalian tahu ini.....kah?", "gimana pendapat kalian tentang.......", dan banyak lagi.



5. Tulisan Secukupnya, Perbanyak Gambar:


Image result for Visualization in presentation


Satu hal yang membuat presentasi menjadi membosankan dan sulit dicerna itu karena terlalu banyak tulisan. Sebut aja di microsoft power point. Microsoft power point adalah software paling sederhana untuk presentasi dan sangat sering dipakai. Sering kali, dalam slide, kita terlalu banyak tulisan shingga membuat pembaca pusing dan tidak memperhatikan. Apalagi, kalau kita hanya baca di slide. Ini membuat kita terkesan tidak professional. Supaya kita tidak terlalu menghafal isi presentasi, baiknya perbanyaklah gambar dan minimalkan tulisan. 

6. Sisipkan Humor:

Related image

Agar presentasi menjadi tidak membosankan, jangan lupa untuk sisipkan humor yang bisa membuat penonton tertawa. Hampir semua presentasi menarik itu ada humornya. Sekalipun materi presentasi itu berat dan berbobot, kalau ada humor jadi lebih menarik. Kesannya jadi tidak kaku.

7. Memberi Hadiah? Kenapa Tidak?


Image result for hadiah

Nah, yang seperti ini sering kita lihat di seminar. Sangat berguna dan berkesan. Ada yang menghadiahkan buku catatan, tas, voucher, bahkan sampe gadget seperti USB. Untuk mengetahui seberapa memperhatikan audiensnya, coba kasih pertanyaan atau kuis tentang materi-materi presentasi. Kalau bisa dijawab, berikan hadiah yang menarik. Ini bisa memotivasi pendengar-pendengar lain untuk semangat menjawab pertanyaan. Dan yang pasti, hadiah membuat audiens merasa dihargai dan diapresiasi meskipun hanya barang sederhana.

Cukup 7 tips ini yang bisa penulis berikan. Hanyalah tips yang sederhana, tapi Insya Allah bisa bermanfaat dan berdampak untuk presentasi kita sehari-hari. Kalau kamu ada komen, kritik, atau ide yang mau disampaikan, bisa komen ya dibawah ini.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Besar Kereta Api

    Kereta api merupakan salah satu transportasi umum yang sangat digemari banyak orang. Bahkan di negara maju, transportasi andalannya adalah kereta api. Kereta api adalah angkutan umum yang sangat bermanfaat karena efektif dan efisien, terutama dalam meminimalkan kemacetan di jalan raya. Lalu, apa sih yang membuat kereta api begitu diminati dan dinikmati oleh banyak orang, mari kita simak: 1. Bebas dan Membebaskan dari Macet:  Kereta api berjalan di rel dan tentunya bebas dari macet. Jalan raya sangat mungkin terkena macet, apalagi kalau lalu lintas sedang padat-padatnya. Akan tetapi, kereta api sangat cepat dan bebas macet. Bukan hanya bebas dari macet, kereta api juga membebaskan jalan raya dari macet. Kalau masyarakat mulai banyak yang beralih kereta api, jumlah kendaraan bermotor bisa berkurang secara signifikan sehingga beban jalan raya berkurang. 2. Hemat Waktu, Hemat Uang, Hemat Spasi:   Karena kereta api itu bebas macet, tentu saja perjalanan dengan kereta api bi

Lokomotif CC 206

Salam KA semuanya...  Saya Naufal, penggila kereta yang luar biasa. Mungkin ada beberapa dari kalian ada yang belum tahu kalau saya penggila kereta. Kalau kamu ingin tau seputar informasi dan pengetahuan tentang kereta, kamu bisa tanya kepada saya. Sekarang, saya ingin berbagi sekilas info berbau KA.  Artikel ini bertopik khusus lokomotif. Perkeretaapian Indonesia sangaat terkenal dengan jumlah lokomotif yang sangat beraneka ragam.Mulai dari Mbah Loko Uap pada era jajahan Belanda hingga lahirnya lokomotif diesel. Lokomotif Diesel mulai beroperasi di Indonesia untuk memensiunkan loko uap dari tahun 1953. Loko tersebut adalah loko CC 200.   Hingga kini, loko diesel kerap dikembangkan oleh perusahaan kereta api Indonesia. Dan tahukah, beberapa waktu belakangan ini, telah hadir tamu baru yaitu "Lokomotif CC 206". Mengapa dibeli loko baru?  Seiring berjalannya waktu, kebutuhan perkeretaapian Indonesia terus meningkat. Lokomotif digunakan u

Sekolah Victory Plus

Tentang Sekolahku    Sekolahku bernama Sekolah Victory Plus (SVP). Sekolah ini ada di Kemang Pratama. Dibangun pada tahun 1998. Kurikulum yang dipakai sekolah ini adalah kurikulum IB (International Baccalaureate). Sekolah ini adalah sekolah internasional, berbahasa Inggris. Sekarang, Sekolah Victory Plus sudah lebih besar dan luas, dan makin berkembang dan terkenal daripada dulu. Di bawah ini, ada 2 gambar logo yaitu logo Sekolah Victory Plus (atas) dan logo IB (bawah): SVP Pledge (Janji SVP)  I Pledge to be a champion  Treating Ourselves, Each Other, and the environmental with respect I will be:  Courageous Honest  Active Moral  Positive Innovative Optimistic And Noble Program di Sekolah Victory Plus (berdasarkan tingkatan kelas)   Setiap tingkatan kelas di Sekolah Victory Plus mempunyai program masing-masing. Program tersebut hanya digunakan untuk sekolah yang menggunakan kurikulum IB. Untuk SD, programnya adalah PYP (Primary Years P