Skip to main content

Pemimpin Bukan Tentang.......

Well, bicara tentang kepemimpinan emang seru ya. Walaupun tidak semua orang memegang pemimpin secara jabatan, tapi setiap jiwa manusia terlepas dia laki-laki atau perempuan, suku dan agama apapun punya jiwa kepemimpinan. Kepemimpinan itulah yang membentuk dan menggambarkan siapa sih kita itu.


Lo enggak harus nunggu jadi direktur, CEO, eksekutif buat menanam kepemimpinan. Sekarang itu saatnya. Tapi, kalau kita ingin membentuk kepemimpinan yang baik dalam jiwa, kita harus kenali beberapa kesalahpahaman tentang kepemimpinan.




1. Pemimpin itu Bisa Menyuruh-nyuruh Bawahan:



Number one, ini diaaaa....Wahh asik ya jadi pemimpin, jadi bos, enggak ada yang marahin, ga ada yang nyuruh-nyuruh, dan ada orang yang disuruh. This is old, man. Kalau lo diberi amanah, jabatan untuk memimpin, tanggung jawab lo semakin besar. Lo harus siap dituntut ini itu dari masyarakat. Ga usah jauh-jauh deh, dari tim lo lo akan jadi orang yang paling banyak dituntut. 





2. Pemimpin itu Jabatan (sudah basi):




Ga beda jauh dari yang pertama, tetapi pemimpin itu bukan masalah jabatan. Lo jadi ketua OSIS, sampai level presiden pun itu enggak ada jaminan lo bakal langsung dihormati, lo didengar tim apalagi masyarakat. Tolok ukur lo dihargai apa enggaknya itu dilihat dari gimana lo mengemban tanggung jawab, orang-orang di tim lo merasa hepi enggak, dari dampak-dampak yang lo berikan. Udah ga zaman orang memimpin dengan gaya seperti raja. Mau dihormati? Jangan gila hormat.



3. Bisa Memutuskan Sendiri:



Ahhh, ini diaa yang gampang gampang susah. Well, sebagai orang yang memegang jabatan tertinggi kita tentu punya kontrol lebih dalam organisasi. Tapi ini bukan berarti bahwa kita sebagai pemimpin bisa memutuskan semuanya sendiri dan bawahan tinggal ngikut. Bukan, bukan. Kita harus tetap berdiskusi, bermusyawarah dengan rekan kita dan meminta pendapat dari bawahan kita. Bisa jadi bawahan kita lebih pintar dan bisa memberi saran yang lebih baik. Siapa tau? Jadi kalau keputusan kita ada yang keliru atau kurang tepat ada yang mengkoreksinya.



4. Semua Tentang Pencapaian:




Menjadi pemimpin tidak hanya urusan pencapaian. Wajar dan memang seharusnya seorang pemimpin memikirkan pencapaian baik pencapaian dirinya dan organisasinya. Tapi yang tidak kalah penting terkadang kita sebagai pemimpin cenderung hanya memikirkan program, kegiatan, dan pencapaian organisasi dan lupa memikirkam orang-orangnya.

Penting sekali bagi kita untuk memahami anggota-anggotanya. Pahamilah apa yang mereka butuhkan dan tanyalah bagaimana kita bisa membantu mereka. Bagaimanapun aset yang paling berharga dari sebuah organisasi atau perusahaan adalah manusianya.

Mungkin itu cukup saja yang bisa gue share ke temen-temen. Engga terlalu banyak tapi Insya Allah bisa dipahami ya sama kita semua. Gue orangnya juga belum punya banyak pengalaman untuk memimpin karena gue juga masih seorang mahasiswa. Hanya saja dari pengalaman gue selama ikut organisasi atau bekerja kelompok dengan teman, inilah ilmu-ilmu yang bisa kita bagi. 

Intinya, kita semua adalah pemimpin. Ada yang pemimpin secara formal atau jabatan tapi kalau kita tidak menjadi pemimpin, kita tetap punya peluang untuk mengembangkan kepemimpinan kita. Kalau kita masih dibawah, tak perlu minder atau rendah diri. Nah, kalau kita udah diatas ya jangan sombong ya karena kita enggak tau kan kalau suatu saat roda pasti berputar.



Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Besar Kereta Api

    Kereta api merupakan salah satu transportasi umum yang sangat digemari banyak orang. Bahkan di negara maju, transportasi andalannya adalah kereta api. Kereta api adalah angkutan umum yang sangat bermanfaat karena efektif dan efisien, terutama dalam meminimalkan kemacetan di jalan raya. Lalu, apa sih yang membuat kereta api begitu diminati dan dinikmati oleh banyak orang, mari kita simak: 1. Bebas dan Membebaskan dari Macet:  Kereta api berjalan di rel dan tentunya bebas dari macet. Jalan raya sangat mungkin terkena macet, apalagi kalau lalu lintas sedang padat-padatnya. Akan tetapi, kereta api sangat cepat dan bebas macet. Bukan hanya bebas dari macet, kereta api juga membebaskan jalan raya dari macet. Kalau masyarakat mulai banyak yang beralih kereta api, jumlah kendaraan bermotor bisa berkurang secara signifikan sehingga beban jalan raya berkurang. 2. Hemat Waktu, Hemat Uang, Hemat Spasi:   Karena kereta api itu bebas macet, tentu saja perjalanan dengan kereta api bi

Lokomotif CC 206

Salam KA semuanya...  Saya Naufal, penggila kereta yang luar biasa. Mungkin ada beberapa dari kalian ada yang belum tahu kalau saya penggila kereta. Kalau kamu ingin tau seputar informasi dan pengetahuan tentang kereta, kamu bisa tanya kepada saya. Sekarang, saya ingin berbagi sekilas info berbau KA.  Artikel ini bertopik khusus lokomotif. Perkeretaapian Indonesia sangaat terkenal dengan jumlah lokomotif yang sangat beraneka ragam.Mulai dari Mbah Loko Uap pada era jajahan Belanda hingga lahirnya lokomotif diesel. Lokomotif Diesel mulai beroperasi di Indonesia untuk memensiunkan loko uap dari tahun 1953. Loko tersebut adalah loko CC 200.   Hingga kini, loko diesel kerap dikembangkan oleh perusahaan kereta api Indonesia. Dan tahukah, beberapa waktu belakangan ini, telah hadir tamu baru yaitu "Lokomotif CC 206". Mengapa dibeli loko baru?  Seiring berjalannya waktu, kebutuhan perkeretaapian Indonesia terus meningkat. Lokomotif digunakan u

Sekolah Victory Plus

Tentang Sekolahku    Sekolahku bernama Sekolah Victory Plus (SVP). Sekolah ini ada di Kemang Pratama. Dibangun pada tahun 1998. Kurikulum yang dipakai sekolah ini adalah kurikulum IB (International Baccalaureate). Sekolah ini adalah sekolah internasional, berbahasa Inggris. Sekarang, Sekolah Victory Plus sudah lebih besar dan luas, dan makin berkembang dan terkenal daripada dulu. Di bawah ini, ada 2 gambar logo yaitu logo Sekolah Victory Plus (atas) dan logo IB (bawah): SVP Pledge (Janji SVP)  I Pledge to be a champion  Treating Ourselves, Each Other, and the environmental with respect I will be:  Courageous Honest  Active Moral  Positive Innovative Optimistic And Noble Program di Sekolah Victory Plus (berdasarkan tingkatan kelas)   Setiap tingkatan kelas di Sekolah Victory Plus mempunyai program masing-masing. Program tersebut hanya digunakan untuk sekolah yang menggunakan kurikulum IB. Untuk SD, programnya adalah PYP (Primary Years P