Skip to main content

Interactive Learning Sekolah Victory Plus

Saat ini dunia lagi digemparkan oleh virus misterius yang bernama COVID-19 atau nama lainnya "Coronavirus". Dunia benar-benar terguncang dan berubah karena adanya fenomena COVID-19. Berawal dari Kota Wuhan, China sekarang Coronavirus sudah dinyatakan sebagai virus pandemi yang menyebar ke seluruh dunia, bahkan di Indonesia jumlah korban positifnya kian meningkat. 



Sumber (Info Bekasi)

Coronavirus telah Mengubah Banyak Hal

Dampak dari penyebaran covid juga luas banget, dan banyak aktivitas manusia terganggu. Saat inilah kata-kata “Think outside the box” benar-benar akan diuji. Inovasi apa yang dapat dijadikan jalan keluar dalam kehidupan sehari-hari. Bayangkan sebuah kondisi dimana kita justru dilarang untuk bekerja, berbisnis, bahkan sekolah pun diliburkan. Sebagai seorang yang sedang menuntut ilmu, kegiatan belajar-mengajar saya pun mengalami gangguan. Barangkali sekolah bisa diliburkan. 

Tenyata dibalik masalah-masalah, muncullah banyak inovasi dan jalan keluar yang bisa memudahkan. Tentu banyak dari anak-anak yang tetep semangat dan tidak mau kehilangan masa depan. Kesempatan untuk menuntut ilmu tidak boleh hilang apapun itu, sekalipun dunia lagi diterpa oleh wabah. Nah, lalu kira-kira apa sih inovasi yang bisa diterapkan oleh sekolah-sekolah di tengah situasi yang sangat mencekik ini? 

Berkat kehadiran teknologi digital, jarak bukanlah lagi hambatan dalam proses pembelajaran. “Distance Learning” adalah jawaban bagi dunia pendidikan dalam menanggapi kondisi ini. Saya berhasil mengumpulkan beberapa metode distance learning yang dijalankan institusi-institusi pendidikan. Bagi saya yang terbiasa dengan metode seperti ini di perkuliahan tidak menjadi masalah, tapi apa ya yang dilakukan sekolah-sekolah di jenjang SD sampai dengan SMA dimasa ini? Apakah mereka meliburkan siswa/i-nya? Tentu saja tidak. 

Ternyata mereka juga menerapkan metode distance learning. Ada beberapa cara yang diterapkan di masing-masing sekolah. Cara yang pertama adalah menggunakan media sosial sebagai medianya. Metode yang umum digunakan adalah memanfaatkan media Whatsapp. Proses interaksinya adalah guru memberikan tugas bagi murid untuk mempelajari bab tertentu, kemudian murid menyerahkan tugas melalui media video maupun foto. Cara ini dari kacamata saya adalah yang paling mudah dan memungkinkan untuk dapat diterapkan di berbagai sekolah. Ternyata di zaman sekarang, media sosial telah membawa banyak manfaat dan kontribusi untuk dunia pendidikan. 

Untuk mensukseskan program distance learning, perlu diadakan pula yang bernama konsep "interactive distance learning". Proses pembelajaran membutuhkan komunikasi interaktif, dimana ada komunikasi dua arah antara guru dan siswa. 

Interactive Distance Learning: 


Ada juga dari beberapa sekolah yang menerapkan interactive distance learning. Hmm..menarik kan..kalau dilihat-lihat proses interactive distance learning yang paling mendekati proses belajar-mengajar sehari-hari, dimana guru berinteraksi secara langsung kepada semua murid dalam satu kelas yang tetap interaktif, namun dilakukan secara online. Interaksinya dilakukan dengan memanfaatkan teknologi video conference. Proses belajar-mengajar dilakukan seperti biasa, yaitu guru dan murid tetap bertatap muka, namun bedanya dilakukan secara online. Salah satu yang saya pelajari adalah metode Interactive Distance Learning yang diselenggarakan oleh Sekolah Victory Plus.


Jika diperhatikan, media yang dimanfaatkan adalah teknologi yang diusung oleh Google Meet. Satu hal yang pasti adalah masing-masing guru dan murid harus masing-masing memiliki gadget berupa laptop atau handphone/tablet, serta jaringan internet yang memadai.



Sumber: Instagram Sekolah Victory Plus

Sampai sini sepertinya infrastrukturnya mudah disiapkan, tetapi kemudian saya membayangkan guru yang mengajar, mereka pasti terbiasa dan relatif lebih mudah untuk dilakukan secara langsung di kelas, berbeda ceritanya kalau murid mereka tidak dalam area kontrol mereka, pasti lebih sulit. Menurut saya melalui metode ini profesionalitas guru dapat diukur. Mereka dituntut untuk lebih kreatif, adaptif dan inovatif, serta cakap teknologi informasi dalam mempersiapkan materi yang akan disampaikan di kelas online interaktif mereka. 

Dengan adanya COVID-19 ini peran orang tua dalam mendampingi anaknya dalam belajar sehari-hari sangatlah penting. Hal menarik yang temukan di media sosial adalah orang tua semakin sadar betapa pentingnya peran guru dalam perkembangan anak mereka. Para guru telah bekerja keras dan memberi fasilitas terbaik untuk mendukung pembelajaran para siswa dalam kondisi apapun. Dengan dukungan orang tua, proses pembelajaran para siswa akan berjalan jauh lebih efektif. 

Ayo kita sama-sama dukung supaya proses pembelajaran siswa tetep berjalan dengan baik

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Manfaat Besar Kereta Api

    Kereta api merupakan salah satu transportasi umum yang sangat digemari banyak orang. Bahkan di negara maju, transportasi andalannya adalah kereta api. Kereta api adalah angkutan umum yang sangat bermanfaat karena efektif dan efisien, terutama dalam meminimalkan kemacetan di jalan raya. Lalu, apa sih yang membuat kereta api begitu diminati dan dinikmati oleh banyak orang, mari kita simak: 1. Bebas dan Membebaskan dari Macet:  Kereta api berjalan di rel dan tentunya bebas dari macet. Jalan raya sangat mungkin terkena macet, apalagi kalau lalu lintas sedang padat-padatnya. Akan tetapi, kereta api sangat cepat dan bebas macet. Bukan hanya bebas dari macet, kereta api juga membebaskan jalan raya dari macet. Kalau masyarakat mulai banyak yang beralih kereta api, jumlah kendaraan bermotor bisa berkurang secara signifikan sehingga beban jalan raya berkurang. 2. Hemat Waktu, Hemat Uang, Hemat Spasi:   Karena kereta api itu bebas macet, tentu saja perjalanan dengan kereta api bi

Lokomotif CC 206

Salam KA semuanya...  Saya Naufal, penggila kereta yang luar biasa. Mungkin ada beberapa dari kalian ada yang belum tahu kalau saya penggila kereta. Kalau kamu ingin tau seputar informasi dan pengetahuan tentang kereta, kamu bisa tanya kepada saya. Sekarang, saya ingin berbagi sekilas info berbau KA.  Artikel ini bertopik khusus lokomotif. Perkeretaapian Indonesia sangaat terkenal dengan jumlah lokomotif yang sangat beraneka ragam.Mulai dari Mbah Loko Uap pada era jajahan Belanda hingga lahirnya lokomotif diesel. Lokomotif Diesel mulai beroperasi di Indonesia untuk memensiunkan loko uap dari tahun 1953. Loko tersebut adalah loko CC 200.   Hingga kini, loko diesel kerap dikembangkan oleh perusahaan kereta api Indonesia. Dan tahukah, beberapa waktu belakangan ini, telah hadir tamu baru yaitu "Lokomotif CC 206". Mengapa dibeli loko baru?  Seiring berjalannya waktu, kebutuhan perkeretaapian Indonesia terus meningkat. Lokomotif digunakan u

Sekolah Victory Plus

Tentang Sekolahku    Sekolahku bernama Sekolah Victory Plus (SVP). Sekolah ini ada di Kemang Pratama. Dibangun pada tahun 1998. Kurikulum yang dipakai sekolah ini adalah kurikulum IB (International Baccalaureate). Sekolah ini adalah sekolah internasional, berbahasa Inggris. Sekarang, Sekolah Victory Plus sudah lebih besar dan luas, dan makin berkembang dan terkenal daripada dulu. Di bawah ini, ada 2 gambar logo yaitu logo Sekolah Victory Plus (atas) dan logo IB (bawah): SVP Pledge (Janji SVP)  I Pledge to be a champion  Treating Ourselves, Each Other, and the environmental with respect I will be:  Courageous Honest  Active Moral  Positive Innovative Optimistic And Noble Program di Sekolah Victory Plus (berdasarkan tingkatan kelas)   Setiap tingkatan kelas di Sekolah Victory Plus mempunyai program masing-masing. Program tersebut hanya digunakan untuk sekolah yang menggunakan kurikulum IB. Untuk SD, programnya adalah PYP (Primary Years P