Skip to main content

Miskonsepsi Anak Komunikasi

"Kamu tuh kan anak komunikasi, gini aja kok ga bisa"
"Anak komunikasi tuh harus jago ngomong, harus banyak ngomong"
"Kok masuk komunikasi sih, emang belum bisa ngomong ya"
"Ah, komunikasi itu kan gampang, pasti cuma ngomong dan nulis, ya kan?" 

Ayo siapa nih yang anak-anak komunikasi, mana suaranya? Gue salah satunya dan menjadi mahasiswa komunikasi itu tidak selalu mudah seperti yang banyak orang pikirkan. Dari pelajarannya pun dikira tugasnya enak, banyak mainnya. Ya ada benarnya tapi tugas ini juga melelahkan loh. 

Sering kali pula cuma karena tidak ada tugas-tugas tertulis terus dikiranya kalau mahasiswa komunikasi itu santai. Well, tidak semudah itu ferguso. Memang tidak ada tugas pilihan ganda atau esai, tapi mahasiswa komunikasi itu sangat sering mendapat tugas eksperimen. Jangan mengira tugas eksperimen itu hanya untuk mahasiswa dari jurusan sains, yang jurusan sosial pun banyak. Contohnya apa kalau untuk mahasiswa komunikasi? Banyak, dari presentasi, bikin video, bikin laporan, menulis ide dalam esai, wah segala macem ada deh. Seru sih iya, tapi melelahkan ya jelas.  Namanya kuliah ya ada gampang ada susahnya, ada sisi pahitnya ada sisi manisnya. Bahkan yang ga kuliah ga sekolah pun belom tentu gampang, belom tentu enak juga kan hidupnya. Bisa jadi dia ga kuliah, tapi langsung terjun berbisnis. Itu malah bisa lebih menantang lagi.

Gue nulis ini bukan karena minta orang "tolong dong ngertiin gue" karena jelas ini tidak ada gunanya. Tidak ada manfaat dari meminta pengertian orang. Tapi gue nulis ini itu dengan harapan untuk membuka mata dan hati siapapun yang membaca kalau kuliah di komunikasi itu engga gampang. Komunikasi bukan tentang jago ngomong atau jago nulis, tapi tentang menyampaikan sesuatu pada tempatnya dan di saat yang tepat. Dan di jurusan komunikasi itu tidak hanya tentang sisi teknis seperti menulis, tapi justru yang lebih susah itu belajar bagaimana supaya pesan kita itu bisa diterima dengan baik, gimana cara biar orang mau dengerin pidato kita dan banyak lagi, berbicara dengan nada yang pas dan banyak lagi. Itu sedikit gambaran, kalau dijelasin semuanya ga bakal ada ujungnya juga. 

Gue mau mengajak kita semua, termasuk gue sendiri untuk lebih menghargai bahwa enggak ada yang mudah di dunia ini. Semuanya ada proses sendiri-sendiri. Ada susahnya, adaa senangnya. Kira-kira kamu ada pengalaman seperti ini, kalau ada tolong ceritain ya di komen bawah ini :)

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Besar Kereta Api

    Kereta api merupakan salah satu transportasi umum yang sangat digemari banyak orang. Bahkan di negara maju, transportasi andalannya adalah kereta api. Kereta api adalah angkutan umum yang sangat bermanfaat karena efektif dan efisien, terutama dalam meminimalkan kemacetan di jalan raya. Lalu, apa sih yang membuat kereta api begitu diminati dan dinikmati oleh banyak orang, mari kita simak: 1. Bebas dan Membebaskan dari Macet:  Kereta api berjalan di rel dan tentunya bebas dari macet. Jalan raya sangat mungkin terkena macet, apalagi kalau lalu lintas sedang padat-padatnya. Akan tetapi, kereta api sangat cepat dan bebas macet. Bukan hanya bebas dari macet, kereta api juga membebaskan jalan raya dari macet. Kalau masyarakat mulai banyak yang beralih kereta api, jumlah kendaraan bermotor bisa berkurang secara signifikan sehingga beban jalan raya berkurang. 2. Hemat Waktu, Hemat Uang, Hemat Spasi:   Karena kereta api itu bebas macet, tentu saja perjalanan d...

Lokomotif CC 206

Salam KA semuanya...  Saya Naufal, penggila kereta yang luar biasa. Mungkin ada beberapa dari kalian ada yang belum tahu kalau saya penggila kereta. Kalau kamu ingin tau seputar informasi dan pengetahuan tentang kereta, kamu bisa tanya kepada saya. Sekarang, saya ingin berbagi sekilas info berbau KA.  Artikel ini bertopik khusus lokomotif. Perkeretaapian Indonesia sangaat terkenal dengan jumlah lokomotif yang sangat beraneka ragam.Mulai dari Mbah Loko Uap pada era jajahan Belanda hingga lahirnya lokomotif diesel. Lokomotif Diesel mulai beroperasi di Indonesia untuk memensiunkan loko uap dari tahun 1953. Loko tersebut adalah loko CC 200.   Hingga kini, loko diesel kerap dikembangkan oleh perusahaan kereta api Indonesia. Dan tahukah, beberapa waktu belakangan ini, telah hadir tamu baru yaitu "Lokomotif CC 206". Mengapa dibeli loko baru?  Seiring berjalannya waktu, kebutuhan perkeretaapian Indonesia terus meningkat. Lokomot...

Sekolah Victory Plus

Tentang Sekolahku    Sekolahku bernama Sekolah Victory Plus (SVP). Sekolah ini ada di Kemang Pratama. Dibangun pada tahun 1998. Kurikulum yang dipakai sekolah ini adalah kurikulum IB (International Baccalaureate). Sekolah ini adalah sekolah internasional, berbahasa Inggris. Sekarang, Sekolah Victory Plus sudah lebih besar dan luas, dan makin berkembang dan terkenal daripada dulu. Di bawah ini, ada 2 gambar logo yaitu logo Sekolah Victory Plus (atas) dan logo IB (bawah): SVP Pledge (Janji SVP)  I Pledge to be a champion  Treating Ourselves, Each Other, and the environmental with respect I will be:  Courageous Honest  Active Moral  Positive Innovative Optimistic And Noble Program di Sekolah Victory Plus (berdasarkan tingkatan kelas)   Setiap tingkatan kelas di Sekolah Victory Plus mempunyai program masing-masing. Program tersebut hanya digunakan untuk sekolah yang menggunakan kurikulum IB. Untuk SD,...