Skip to main content

5 Mantra Belajar Bahasa Inggris

 



Siapa yang enggak kenal Bahasa Inggris? Bahasa yang lahir dari negara Britania Raya ini menjelma menjadi bahasa yang sangat mendunia. Hampir di setiap lini kehidupan kita selalu ada Bahasa Inggris. Meskipun kita gak bisa Bahasa Inggris sekalipun, kita akan dibiasakan dengan kata-kata Bahasa Inggris. 


Banyak sekali negara yang menggunakan Bahasa Inggris. Bahasa ini sudah menjadi bahasa resmi di Inggris, Amerika, Australia, Singapura, Kanada, India, Irlandia dan banyak negara lainnya. Di setiap negara, pasti selalu ada orang yang bisa Bahasa Inggris. Kita semua pasti mau banget kalau bisa keliling ke dunia. Tapi satu hal yang perlu diinget, kalau mau menguasai semua bahasa yang ada di dunia ini kan mustahil. Tapi kalau kita punya skill Bahasa Inggris, Insya Allah kita aman dan minimal ada modal berkomunikasi kalau ke mancanegara. Nah kali ini gue akan mengulas berapa cara untuk belajar Bahasa Inggris:


1. Ngobrol sama Native Speaker:


Nah ini yang paling efektif. Kalau ngobrolnya sama orang Indonesia yang bisa Bahasa Inggris ya itu bisa juga. Tapi kalau mau bener-bener latihan Bahasa Inggris, harus janji supaya bisa ngobrol pake full English. Cuman ya kalau sama orang Indo pasti kan ada godaan supaya ngomong Bahasa Indonesia juga. Padahal gimana pun juga kalau mau belajar bahasa asing cara terbaik dan paling jitu ya dengan ngomong sama native speakernya.


2. Dengerin Podcast dan Musik Berbahasa Inggris:


Listening skills itu menjadi hal yang sangat krusial. Kalau kita belum bisa ngomong atau nulis pake Bahasa Inggris, minimal ya kita bisa ngerti ucapan. Nah ini diperlukan listening skills. Cara yang sangat bagus selain dengan lewat CD di buku teks ya dengan dengerin podcast dan musik. Di podcast kan banyak juga tuh seminar-seminar yang berbahasa Inggris kan? Nah itu kesempatan emas teman-teman. Sambil dengerin kita bisa belajar kosakata yang baru-baru. Lumayan nambah pengetahuan. Buat temen-temen yang Muslim, Al-Qur'an dengan terjemahan Bahasa Inggris bisa nambahin banyak pengetahuan dan kosakata canggih. Bisa juga sambil dengerin pengajian berbahasa Inggris, sangat bagus.


3. Nonton Film dan Video Bahasa Inggris:


Di abad ke 21 ini film menjadi hal yang sangat menarik. Apalagi sekarang untuk mengakses film itu banyak pilihannya. Enggak harus ke bioskop, tapi juga banyak saluran di internet yang menyediakan kayak Netflix dan semacamnya. Banyak film Hollywood, dan lain-lain yang menyediakan tayangan berbahasa Inggris. Tapi jauh lebih efektif kalau kita nonton filmnya tanpa subtitle. Cuman ya kalau belum sanggup gak ada salahnya kita nonton sambil pakai subtitle dan terjemahan. Kalau bisa siapkan kamus juga tuh.


4. Baca Buku Full English: 


Menurutku, kalau kita cuman belajar bahasa Inggris dari buku grammar begitu kurang efektif. Emang grammar itu penting banget sih supaya kita bisa tau gimana cara ngomong Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Tapi kalau cuman belajar teorinya tanpa praktek kan susah juga. Supaya kita lebih maksimal, cara yang paling baik itu dengan membaca buku yang full English. Dengan membaca buku yang full English, kita bisa belajar lebih banyak vocabulary Bahasa Inggris dan gimana cara penulisannya. Nah dari situ kita bisa mengasah writing skills kita loh gais.


5. Sediakan Kamus Bahasa Inggris:


Setidaknya kalau kita udah mentok banget, pastikan kita punya kamus. Kalau bisa pakai kamus yang full English itu jauh lebih baik kayak Oxford atau Cambridge dictionary. Kalau full English malah makin banyak vocab yang bisa kita pelajarin kan. Cuman kalau masih awal-awalnya gak ada salahnya belajar pakai kamus billingual. Biar lebih mantep, bisa juga sekalian install aplikasi kamus di smartphone. Tapi tetep kamus di buku itu jauh lebih mantep dan lebih lengkap kalau menurut gue.


Nah cukup 5 aja deh dari tips yang mau gue share di sini. Semoga tips yang gue share di sini bisa memberi banyak manfaat. Kalau kalian ada tips tambahan silakan add dibawah ini yaa. 

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Besar Kereta Api

    Kereta api merupakan salah satu transportasi umum yang sangat digemari banyak orang. Bahkan di negara maju, transportasi andalannya adalah kereta api. Kereta api adalah angkutan umum yang sangat bermanfaat karena efektif dan efisien, terutama dalam meminimalkan kemacetan di jalan raya. Lalu, apa sih yang membuat kereta api begitu diminati dan dinikmati oleh banyak orang, mari kita simak: 1. Bebas dan Membebaskan dari Macet:  Kereta api berjalan di rel dan tentunya bebas dari macet. Jalan raya sangat mungkin terkena macet, apalagi kalau lalu lintas sedang padat-padatnya. Akan tetapi, kereta api sangat cepat dan bebas macet. Bukan hanya bebas dari macet, kereta api juga membebaskan jalan raya dari macet. Kalau masyarakat mulai banyak yang beralih kereta api, jumlah kendaraan bermotor bisa berkurang secara signifikan sehingga beban jalan raya berkurang. 2. Hemat Waktu, Hemat Uang, Hemat Spasi:   Karena kereta api itu bebas macet, tentu saja perjalanan dengan kereta api bi

Lokomotif CC 206

Salam KA semuanya...  Saya Naufal, penggila kereta yang luar biasa. Mungkin ada beberapa dari kalian ada yang belum tahu kalau saya penggila kereta. Kalau kamu ingin tau seputar informasi dan pengetahuan tentang kereta, kamu bisa tanya kepada saya. Sekarang, saya ingin berbagi sekilas info berbau KA.  Artikel ini bertopik khusus lokomotif. Perkeretaapian Indonesia sangaat terkenal dengan jumlah lokomotif yang sangat beraneka ragam.Mulai dari Mbah Loko Uap pada era jajahan Belanda hingga lahirnya lokomotif diesel. Lokomotif Diesel mulai beroperasi di Indonesia untuk memensiunkan loko uap dari tahun 1953. Loko tersebut adalah loko CC 200.   Hingga kini, loko diesel kerap dikembangkan oleh perusahaan kereta api Indonesia. Dan tahukah, beberapa waktu belakangan ini, telah hadir tamu baru yaitu "Lokomotif CC 206". Mengapa dibeli loko baru?  Seiring berjalannya waktu, kebutuhan perkeretaapian Indonesia terus meningkat. Lokomotif digunakan u

Sekolah Victory Plus

Tentang Sekolahku    Sekolahku bernama Sekolah Victory Plus (SVP). Sekolah ini ada di Kemang Pratama. Dibangun pada tahun 1998. Kurikulum yang dipakai sekolah ini adalah kurikulum IB (International Baccalaureate). Sekolah ini adalah sekolah internasional, berbahasa Inggris. Sekarang, Sekolah Victory Plus sudah lebih besar dan luas, dan makin berkembang dan terkenal daripada dulu. Di bawah ini, ada 2 gambar logo yaitu logo Sekolah Victory Plus (atas) dan logo IB (bawah): SVP Pledge (Janji SVP)  I Pledge to be a champion  Treating Ourselves, Each Other, and the environmental with respect I will be:  Courageous Honest  Active Moral  Positive Innovative Optimistic And Noble Program di Sekolah Victory Plus (berdasarkan tingkatan kelas)   Setiap tingkatan kelas di Sekolah Victory Plus mempunyai program masing-masing. Program tersebut hanya digunakan untuk sekolah yang menggunakan kurikulum IB. Untuk SD, programnya adalah PYP (Primary Years P