Skip to main content

Masjid Kurir Langit, Masjid Millenial Pelayan Ummat



Tahu engga temen-temen, ada berapa sih titik Masjid di Indonesia ini? Indonesia punya sekitar 1 juta titik Masjid. Gue dapet info ini dari ceramah Ustadz Rendy Saputra, salah satu ahli dalam manajemen Masjid. Masya Allah, banyak bener ya. Tapi kenapa bisa sih di Indonesia yang udah punya banyak banget Masjid, banyak rakyatnya, termasuk juga Ummat Islam yang belum sejahtera? 

Indonesia enggak kekurangan Masjid, tapi Indonesia itu kekurangan Masjid yang melayani Ummat. Kalau gue boleh jujur, sebagian besar Masjid di Indonesia itu masih berfungsi sebagai tempat ibadah saja. Padahal kalau kita pelajarin lebih lanjut, Masjid di zaman Rasulullah Shalallahu a'laihi wassalam itu punya potensi bukan sebatas tempat ibadah, tapi tempat menyelesaikan persoalan ummat. 

Kalau sebelumnya gue udah ceritain tentang Masjid Jogokariyan di Jogja, kali ini gue mau cerita-cerita tentang Masjid yang gak kalah hebatnya, tapi letaknya di ujung Timur Indonesia dan masih belum begitu dikenal banyak orang. Namanya Masjid Kurir Langit di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Jauh dari perkotaan.

Apa sih hebatnya Masjid ini? Coba kita lihat di gambar atas. Kurir Langit itu awalnya adalah gerakan sosial yang didirikan sekumpulan anak muda di Sulawesi Selatan, lalu mereka mendirikan Masjid. Lihat deh, keren kan waktu Masjidnya belum jadi tapi mereka udah melayani ummat. Kalau ada bencana alam, truk dan ambulannya selalu siap siaga untuk mengirim bantuan kemanusiaan. Yang paling berkesan itu waktu terjadi bencana tsunami di Palu, Sulawesi Tengah dan banjir di Masamba, Sulawesi Selatan, mereka benar-benar gerak cepat bagai kilat.




Masjid Kurir Langit punya dua unit ambulan yang selalu siap melayani Ummat selama 24 jam. Ambulannya gratis lho. Kok bisa gratis sih? Karena ini adalah ambulan wakaf, yang biaya operasionalnya kayak bbm gitu ditanggung dari infak kas masjid. Masya Allah. Mobil ini selalu setia nganterin pasien, nganterin jenazah dari keluarga yang kurang mampu, tanpa narik biaya. Keren banget emang Masjid pelayan Ummat.

Masjid ini juga setiap Shubuh gelar acara ngeteh Subuh. Jadi jamaah yang Shalat Subuh di Masjid Kurir Langit selalu dijamu teh gratis. Bagus banget ini buat ngebangun kebersamaan sesama Ummat Islam. Setiap Jum'at juga ada program nasi Jum'at, dimana ada prasmanan setelah Shalat Jum'at. Kalau di Masjid lain biasanya diramaikan oleh orang tua, disini Masjid didominasi oleh pemuda dan remaja. Dan mereka bener-bener diberdayakan, sampai ada training dan lifeskill buat mereka kayak pelatihan enterpreneurship dan desain grafis. Sangat luar biasa emang.





Zaman now emang sulit nemuin Masjid yang masih berfungsi seperti di zaman Rasulullah Shalallahu a'laihi wassalam. Tapi Kurir Langit berhasil membuktikan bahwa zaman sekarang masih bisa mendirikan Masjid yang sesuai tuntutan Nabi Muhammad Shalallahu a'laihi wassalam. Minimal deh, Masjid yang peduli dengan warga yang kelaparan. Jangan sampai Masjid menyimpan saldo kas ratusan juta, tapi sebelahnya ada orang yang kelaparan, bahkan sampai ga punya uang buat beli beras. Masjid Kurir Langit punya program yang sangat amazing, salah satunya adalah Infaq Pangan. Secara rutin, Masjid Kurir Langit aktif mengirim beras untuk pondok pesantren penghafal Qur'an. Belum lagi, mereka suka mengirim sembako untuk Dhuafa. Masya Allah. 

Kalau di setiap Masjid ada pembagian sembako untuk orang yang kurang mampu, dan aktif mengirim bantuan kalau ada bencana kayak di Masjid Kurir Langit ini. Gue yakin kasus kelaparan di Indonesia bisa berkurang drastis. Semoga kedepannya makin banyak Masjid yang berfungsi sebagai basis pelayanan Ummat. Jangan sampai Masjid megah berdiri dimana-mana tapi malah tidak memberikan solusi untuk Ummat. Karena salah satu tanda akhir zaman itu ketika banyak Masjid megah tapi jamaahnya kosong. Dan salah satu penyebab Masjid kosong ketika gagal menjadi solusi untuk Ummat. Semoga Masjid Kurir Langit ini bisa menjadi referensi dan inspirasi untuk kita semua. 





Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Besar Kereta Api

    Kereta api merupakan salah satu transportasi umum yang sangat digemari banyak orang. Bahkan di negara maju, transportasi andalannya adalah kereta api. Kereta api adalah angkutan umum yang sangat bermanfaat karena efektif dan efisien, terutama dalam meminimalkan kemacetan di jalan raya. Lalu, apa sih yang membuat kereta api begitu diminati dan dinikmati oleh banyak orang, mari kita simak: 1. Bebas dan Membebaskan dari Macet:  Kereta api berjalan di rel dan tentunya bebas dari macet. Jalan raya sangat mungkin terkena macet, apalagi kalau lalu lintas sedang padat-padatnya. Akan tetapi, kereta api sangat cepat dan bebas macet. Bukan hanya bebas dari macet, kereta api juga membebaskan jalan raya dari macet. Kalau masyarakat mulai banyak yang beralih kereta api, jumlah kendaraan bermotor bisa berkurang secara signifikan sehingga beban jalan raya berkurang. 2. Hemat Waktu, Hemat Uang, Hemat Spasi:   Karena kereta api itu bebas macet, tentu saja perjalanan dengan kereta api bi

Lokomotif CC 206

Salam KA semuanya...  Saya Naufal, penggila kereta yang luar biasa. Mungkin ada beberapa dari kalian ada yang belum tahu kalau saya penggila kereta. Kalau kamu ingin tau seputar informasi dan pengetahuan tentang kereta, kamu bisa tanya kepada saya. Sekarang, saya ingin berbagi sekilas info berbau KA.  Artikel ini bertopik khusus lokomotif. Perkeretaapian Indonesia sangaat terkenal dengan jumlah lokomotif yang sangat beraneka ragam.Mulai dari Mbah Loko Uap pada era jajahan Belanda hingga lahirnya lokomotif diesel. Lokomotif Diesel mulai beroperasi di Indonesia untuk memensiunkan loko uap dari tahun 1953. Loko tersebut adalah loko CC 200.   Hingga kini, loko diesel kerap dikembangkan oleh perusahaan kereta api Indonesia. Dan tahukah, beberapa waktu belakangan ini, telah hadir tamu baru yaitu "Lokomotif CC 206". Mengapa dibeli loko baru?  Seiring berjalannya waktu, kebutuhan perkeretaapian Indonesia terus meningkat. Lokomotif digunakan u

Sekolah Victory Plus

Tentang Sekolahku    Sekolahku bernama Sekolah Victory Plus (SVP). Sekolah ini ada di Kemang Pratama. Dibangun pada tahun 1998. Kurikulum yang dipakai sekolah ini adalah kurikulum IB (International Baccalaureate). Sekolah ini adalah sekolah internasional, berbahasa Inggris. Sekarang, Sekolah Victory Plus sudah lebih besar dan luas, dan makin berkembang dan terkenal daripada dulu. Di bawah ini, ada 2 gambar logo yaitu logo Sekolah Victory Plus (atas) dan logo IB (bawah): SVP Pledge (Janji SVP)  I Pledge to be a champion  Treating Ourselves, Each Other, and the environmental with respect I will be:  Courageous Honest  Active Moral  Positive Innovative Optimistic And Noble Program di Sekolah Victory Plus (berdasarkan tingkatan kelas)   Setiap tingkatan kelas di Sekolah Victory Plus mempunyai program masing-masing. Program tersebut hanya digunakan untuk sekolah yang menggunakan kurikulum IB. Untuk SD, programnya adalah PYP (Primary Years P