Skip to main content

Refreshing Selain ke Mall

Ketika ditanya apa saja kegiatan pas lagi waktu kosong atau liburan, jawabannya bervariasi. Ada yang bilang di rumah saja, ada yang bilang ke rumah temen, jalan jalan ke luar kota atau ke luar negeri bahkan, ke mall, ke taman, wisata alam, dan banyak lagi deh.

Kali ini gue mau nulis tentang kegiatan refreshing selain di Mall. Refreshing ke mall itu memang menyenangkan. Engga sedikit orang yang capek atau penat terus cari refreshing ke mall. Dan ternyata orang ke mall itu bukan cuma buat belanja juga. Tapi ada yang manfaatin buat nonton bioskop, main ke timezone (hehe bahkan yang udah gede aja masih ada yang suka kesini), atau bahkan ikut les karena emang ada beberapa tempat kursus di dalem mall.

Jalan-jalan ke Mall sudah menjadi tempat yang favorit dan memang ada manfaatnya jadi tidak ada salahnya kalau kita refreshing di mall. Tapi yang agak disayangkan kalau orang hanya tertarik pergi ke mall, padahal ada tempat lain loh yang ga kalah kerennya. Tidak ada salahnya memang karen itu semua pilihan kalian. Tapi disini gue mau menyampaikan ide dan pendapat kalau ternyata refreshing itu enggak harus ke mall atau tempat belanja. 

Bagaimanapun, jalan jalan ke Mall memang menyenangkan. Tapi jalan-jalan ke Mall bisa dibilang konsumtif, dan tentu sangat menguras kantong. Bila tidak diiringi oleh aktivitas yang lebih produktif tentunya merugi. Selain ke mall, kita bisa juga ke taman. Agaknya, gue memperhatikan kalau pembangunan taman itu masih kurang dibandingkan mall. Di kota-kota besar, kita lihat banyak mall yang berdiri berseberangan. Tapi pembangunan taman tak sebanyak itu. Padahal jalan-jalan ke taman bisa memberikan banyak sekali manfaat, kita bisa olahraga, menghirup udara segar, dan bisa juga kan foto foto. Hehehehe. Tapi meskipun pembangunan taman masih perlu ditingkatkan, sudah mulai banyak kota-kota di Indonesia yang mulai peduli dengan pentingnya taman. Di Bandung contohnya kita lihat banyak sekali taman tematik contohnya Taman Film, Taman Skateboard, Taman Musik, dan banyak lagi.

Selain taman banyak juga tempat-tempat lain yang tidak hanya refreshing, tapi juga memberi nilai edukasi. Museum contohnya disini kita bisa belajar sejarah, kebun binatang, atau perpustakaan. Kadang gue bingung kalau mall dibangun begitu megah dan banyak sekali tapi kenapa jumlah perpustakaan dan museum sangat kurang. Padahal di negara negara maju perpustakaan dan museum itu dikelola sangat baik dan modern. Dan taman-taman juga dihias sangat indah, sejuk, bahkan orang-orang seneng duduk disana. Orang juga suka belajar dan baca buku di taman-taman negara maju. Keren kan?

Sekali lagi bukannya ke mall itu salah, tapi gue mau ngajak teman teman supaya kita lebih banyak eksplorasi. Tempat tempat yang bagus itu engga cuma mall, tapi bisa juga ke taman, kebun binatang, taman nasional, dll. Dan yang penting refreshing itu bukan cuma buat senang--senang tapi bisa menambah nilai edukasi dan menambah pengalaman. Percayalah, enggak ada guru yang lebih baik dari pengalaman. 

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Besar Kereta Api

    Kereta api merupakan salah satu transportasi umum yang sangat digemari banyak orang. Bahkan di negara maju, transportasi andalannya adalah kereta api. Kereta api adalah angkutan umum yang sangat bermanfaat karena efektif dan efisien, terutama dalam meminimalkan kemacetan di jalan raya. Lalu, apa sih yang membuat kereta api begitu diminati dan dinikmati oleh banyak orang, mari kita simak: 1. Bebas dan Membebaskan dari Macet:  Kereta api berjalan di rel dan tentunya bebas dari macet. Jalan raya sangat mungkin terkena macet, apalagi kalau lalu lintas sedang padat-padatnya. Akan tetapi, kereta api sangat cepat dan bebas macet. Bukan hanya bebas dari macet, kereta api juga membebaskan jalan raya dari macet. Kalau masyarakat mulai banyak yang beralih kereta api, jumlah kendaraan bermotor bisa berkurang secara signifikan sehingga beban jalan raya berkurang. 2. Hemat Waktu, Hemat Uang, Hemat Spasi:   Karena kereta api itu bebas macet, tentu saja perjalanan dengan kereta api bi

Lokomotif CC 206

Salam KA semuanya...  Saya Naufal, penggila kereta yang luar biasa. Mungkin ada beberapa dari kalian ada yang belum tahu kalau saya penggila kereta. Kalau kamu ingin tau seputar informasi dan pengetahuan tentang kereta, kamu bisa tanya kepada saya. Sekarang, saya ingin berbagi sekilas info berbau KA.  Artikel ini bertopik khusus lokomotif. Perkeretaapian Indonesia sangaat terkenal dengan jumlah lokomotif yang sangat beraneka ragam.Mulai dari Mbah Loko Uap pada era jajahan Belanda hingga lahirnya lokomotif diesel. Lokomotif Diesel mulai beroperasi di Indonesia untuk memensiunkan loko uap dari tahun 1953. Loko tersebut adalah loko CC 200.   Hingga kini, loko diesel kerap dikembangkan oleh perusahaan kereta api Indonesia. Dan tahukah, beberapa waktu belakangan ini, telah hadir tamu baru yaitu "Lokomotif CC 206". Mengapa dibeli loko baru?  Seiring berjalannya waktu, kebutuhan perkeretaapian Indonesia terus meningkat. Lokomotif digunakan u

Sekolah Victory Plus

Tentang Sekolahku    Sekolahku bernama Sekolah Victory Plus (SVP). Sekolah ini ada di Kemang Pratama. Dibangun pada tahun 1998. Kurikulum yang dipakai sekolah ini adalah kurikulum IB (International Baccalaureate). Sekolah ini adalah sekolah internasional, berbahasa Inggris. Sekarang, Sekolah Victory Plus sudah lebih besar dan luas, dan makin berkembang dan terkenal daripada dulu. Di bawah ini, ada 2 gambar logo yaitu logo Sekolah Victory Plus (atas) dan logo IB (bawah): SVP Pledge (Janji SVP)  I Pledge to be a champion  Treating Ourselves, Each Other, and the environmental with respect I will be:  Courageous Honest  Active Moral  Positive Innovative Optimistic And Noble Program di Sekolah Victory Plus (berdasarkan tingkatan kelas)   Setiap tingkatan kelas di Sekolah Victory Plus mempunyai program masing-masing. Program tersebut hanya digunakan untuk sekolah yang menggunakan kurikulum IB. Untuk SD, programnya adalah PYP (Primary Years P